Rubik

Salah satu hobi yang menarik perhatian saya adalah rubik. Saat ini saya sudah menguasai solving rubik 3x3 dengan waktu terbaik 17 detik. Ini masih terlalu lama untuk kuber yang benarbenar menekuni speed cubing. banyak diantara Mereka yang sudah sub 15 bahkan sub 10 (waktu mnyelesaikan rubik/silving dibawah 10 detik)

untuk anda yang ingin memulai belajar rubik, berikut langkah-langkah  yang mungkin anda tempuh untuk mempermudah anda belajar rubik, Dan lanjut menjadi speed cuber (menyelsaikan rubik dengan cepat) tentu ini sesuai pengalaman saya sendiri.

1. Belajar dari video, kenali nama tiap gerakan rubik sehingga anda mudah membaca rumus yang diberikan.  (banyak di youtube, kata kunci : menyelesaikan rubik 3x3) Cara umum pake cara mbak fridick
2. Terus berlatih hingga anda bisa menghapal rumus.
3. Usahakan rumus anda hapal dengan muscle memory (tangan anda seolah sudah menghapalnya, muscle memori ini Bahkan biasanya membuat kita sulit menyebut rumus yang kita hafal. Hehehe)
4. Jika sudah bisa menyelsaikan rubik tanpa rumus maka sudah waktunya anda memperdalam f2l (first two layer), yaitu mempercepat penyelesaian dua layer pertama. Ada banyak rumusnya, karena sulit menghafalnya (walau pendek tapi banyak rumus dan sulit menentukan rumus mana yang digunakana pada posisi mana? ) maka saya lebih menggukan f2l intuitif, yaitu dengan mempelajari sendiri dari satu atau duA Gerakan f2l untuk kemudin kita kembangkan sendiri. tentu ini membuat kita lebih mudah menghafalnya.

5. Mendalam oll dan pll. Ini paling susah. Yaitu menyelesaikan layer terakhir dengan cepat. Ada banyak rumus yang harus dihafal. Ini harus benar-benar harus dihafal.

6. Selanjutnya anda tinggal memperlancar finger trick, atau cara tepat gerakan menggerakan rubik.

untuk situs rujukan silahkan ke rubikkuning.com

demikian tips rubik. Tetap semangat adalah kunci utAmnya. Selamat mencoba.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...